Home » , , , » Deklarasi Anti Hoax

Deklarasi Anti Hoax

Written By KIM Sendang Potro on Minggu, 03 September 2017 | Minggu, September 03, 2017

Sedahkidul, KIM Sendang Potro Bojonegoro mendeklarasikan anti "hoax"  (berita bohong_red) di Lapangan Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur hari ini, Minggu (3/9). Deklarasi ditandai dengan pengumpulan tanda tangan pada pernyataan bersama menolak berita hoax.


Agus Sudatmojo (KBN Antara) menandatangani Pernyataan Anti Hoax (Foto : DIN)
Ada tiga pernyataan yang disepakati dalam deklarasi anti hoax, diantaranya :
1. Santun dalam komunikasi di internet dan  media sosial
2. Menolak  berita hoax (berita bohong), fitnah, ujaran kebencian dan isu SARA
3. Tidak menyebarkan berita hoax.

Deklarasi yang digagas oleh KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul ini mendapat sambutan baik dari warga setempat, Pemdes Sedahkidul, Kecamatan Purwosari, Dinas Kominfo Bojonegoro,  Perwakilan Kantor Berita ANTARA, JIM, RTIK dan BLOGGER Bojonegoro. Mereka sepakat menentukan sikap menolak berita hoax dan menandatangani pernyataan di atas.

"Untuk menyelamatkan generasi muda dari dampak berita hoax, kita perlu menyatakan sikap yang tegas untuk menolak berita hoax," ujar Didik Jatmiko yang juga Blogger Bojonegoro.

Menurutnya perlu diadakan suatu momen bersejarah untuk menandai perjuangan melawan hoax. Karena itulah sangat penting diadakan deklarasi anti hoax.

Selanjutnya dalam.pidato singkat dihadapan warga dan pemerintah yang hadir, Rasidin Ketua KIM Sendang Potro  menjelaskan dampak negatif berita hoax dan membacakan pernyataan anti hoax. Kemudian ia tawarkan petyataan itu kepada semua yang hadir.

"Dampak  dari berita hoax sangat merugikan. Untuk itu pernyataan anti hoax ini silahkan ditanggapi," kata Rasidin yang didampingi semua anggota KIM Sendang Potro.


Santun Bermedsos ; Camat Purwosari Bayudono Margajelita, S.STP (tengah bertopi) didampingi Agus Sudatmojo (berkaca mata), Ngasiaji  (paling Kanan), M Choirul Huda (paling kiri) (Foto : DIN)

"Saya setuju dengan Pernyataan Anti Hoax ini. Kami himbau kepada semua warga sedahkidul dan seluruh warga desa lainnya di kecamatan purwosari untuk membimbing putra putrinya menggunakan internet dengan benar," kata Camat Purwosari Bayudono Margajelita, S.STP.

Acara dilanjutkan dengan tanda tangan di atas pernyataan anti hoax. Pernyataan ini ditandatangani oleh : M Choirul Huda (Kades Sedahkidul), Bayudono Margajelita (Camat Purwosari), Ngasiaji (Sekdin Kominfo), Joko Suhermato (Kabid Jarkom Kominfo), Agus Sudatmojo (KBN Antara), Rasidin (KIM Sendang Potro), Didik Jatmiko (Blogger), Edy Supraeko (JIM Bojonegoro).  Penandatanganan berlanjut ke semua anggota KIM Sendang Potro. Perangkat Desa Sedahkidul, PKK, Pemuda dan semua warga yang hadir. (*)

Penulis : MUS/KIMSPot

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved