Home » , » Diskominsta Magelang Bongkar KIM Sendang Potro

Diskominsta Magelang Bongkar KIM Sendang Potro

Written By KIM Sendang Potro on Rabu, 20 September 2017 | Rabu, September 20, 2017

Sedahkidul, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DISKOMINSTA) bersama sejumlah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kota Magelang Jawa Tengah mengunjungi KIM Sendang Potro di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (19/9/2017). Rombongan sejumlah 24 orang ini bermaksud membongkar peran KIM Sendang Potro dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Desa Sedahkidul.


Kunjungan Kominsta ini merupakan rangkaian kunjungan kerja untuk Study Pengelolaan KIM dan Pelaksanaan OGP (Open Goverment and Partnership) di Kabupaten Bojonegoro. Sebelumnya rombongan ini telah diterima langsung oleh Kepala Bidang Jaringan Komunikasi, Joko Suhermanto di Kantor Dinas Kominfo Lantai 3 Gedung Pemkab Bojonegoro bersama Ketua Forum KIM Kabupaten Bojonegoro (FKKB) Sufyan Tirto dan Ketua KIM Deru Maju Iwan Siswoyo. Di Gedung Pemkab Bojonegoro, rombongan mendapat penjelasan tentang perjalanan Bojonegoro yang masuk 5 besar dunia sebagai kota pelaksana OGP dan pengelolaan KIM-nya menjadi "pioneer" KIM berbasis TI (Teknologi Informasi).

BACA JUGA : Cara Kelola KIM Bojonegoro Jadi Bahan Study  

Selanjutnya, sekitar jam 14.00 rombongan Kominsta didampingi Kominfo Bojonegoro, FKKB dan Ketua KIM Deru Maju berkunjung ke Sedahkidul. Rombongan ini disambut oleh Pemerintah Desa Sedahkidul, Sekcam Purwosari Saad Mujaddid, PKK dan KIM Sendang Potro.


"Kehadiran kami di sini ingin mengetahui lebih jauh tentang peran KIM Sendang Potro dan pelaksanaan OGP (Open Goverment and Partnership) di Desa Sedahkidul. Ada apa dengan KIM Sendang Potro ?," ungkap Edi M, Kepala Bidang Komunikasi Kominsta kota Magelang saat tiba di Balai Desa Sedahkidul.

Ia juga mengatakan bahwa selama ini telah mengetahui kegiatan KIM Sendang Potro melalui mesin pencarian online.  Menurutnya kegiatan KIM Sendang Potro sangat menginspirasi sehingga menarik perhatiannya untuk membedah pengelolaan KIM dan menerapkan di daerahnya.


Pada kesempatan itu Din Rosidin Ketua KIM Sendang Potro menjelaskan bahwa KIM ia kelola bersama anggotanya secara sukarela. Semua Anggota KIM secara aktif menyampaikan informasi baik dari pemerintah desa atau info lainnya memlalui blog dan media tatap muka. KIM juga menyelenggarakan Dialog Publik "Ngopi Sareng Warga" yang dilakukan bersama Pemdes tiap 6 bulan. Pelaksanaannya dengan mengumpulkan warga tiap 2 RT dengan membahas informasi dari pemdes dan menyaring usulan warga yang ditampung untuk rencana pembangunan desa. Sehingga warga terlibat dalam pembangunan desa. KIM menjadi mediator antara warga dan pemdes atau sebaliknya, termasuk informasi penggunaan APBDesa  sehingga tidak ada rasa cemburu sosial di masyarakat. 

"Selain media tatap muka, Informasi dan potensi desa juga dimuat pada Blog KIM Sendang Potro yang kami kelola sesuai SOP (Standart Operating Prosecedure). Anggota KIM sebagai Reporter dan Ketua KIM sebagai Redaktur merangkap Admin," kata Din Rosidin. 
Menurutnya, KIM sendang Potro mendapat biaya untuk operasional dari pemuatan iklan dan penjualan produk secara online. Sedangkan untuk kegiatannya mendapatkan support dari Pemdes dan perusahaan lain.

"Pada intinya, kegiatan KIM adalah untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Desa Sedahkidul. Warga menjadi tahu posisi dan keterlibatannya di desa, terangkat potensinya dan terlindungi. Contohnya Kegiatan Deklarasi Anti Hoax yang prakarsai KIM baru-baru ini. Warga memahami cara-cara menangani berita hoax. Sehingga tidak terjerumus dan tidak terjerat Undang Undang ITE," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Didik Jatmiko Anggota KIM Sendang Potro yang juga seorang Blogger menyarankan kepada Diskominsta agar dalam mengembangkan KIM di Kota Magelang sebaiknya bersinergi dengan Komunitas Blogger dan Relawan TIK setempat. (*) (MUS/NUN/KIMSPot)


0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved