Home » » Petani Sambut Laboh dengan Tanam Kacang Hijau

Petani Sambut Laboh dengan Tanam Kacang Hijau

Written By KIM Sendang Potro on Rabu, 27 September 2017 | Rabu, September 27, 2017

Sedahkidul, Dua hari terakhir ini, Desa Sedahkidul diguyur hujan deras. Masyarakat berpendapat bahwa musim kemarau sudah berakhir. Musim 'laboh' (musim pergantian dari kemarau ke musim hujan lamanya sekitar 3  bulan) sudah datang.  Petani Desa Sedahkidul Kecamatan Puwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur serentak menanam kacang hijau di ladang.



"Sawahku tak iciri kacang ijo wae,(sawahku saya tanami kacang hukai saja)," kata Salim (45) warga RT 7  yang menggarap sawah di barat sendang potro.

Menurutnya, ia memilih tanaman kacang hijau karena selain mudah dalam perawatan juga umur  tanaman pendek. sehingga ia berharap tetap panen walau musim hujan datang lebih awal. Mengingat yang ia garap adalah sawah tadah hujan tempat menanam padi saat musim hujan tiba.

Sama halnya dengan Salim. Suparnan (37) Rt.8 berpendapat serupa. ia bahkan mempekerjakan 6 orang untuk menanam kacang hijau di lahan miliknya seluas setengah hektare.

"Tetanggaku saya ajak semua untuk menbantu nanam kacang hijau. Biar ceoet selesai," kata Suparman..

Salah satu sumber data yang baru tiba dari pasar purwosari menyebut bahwa harga kacang hijau sedang mengalami penurunan. Harganya saat ini tinggal 9 ribu rupiah per kilogram.

"Saya berharap pada waktu panen nanti sekitar bulan nopember, harga kacang hijau naik lagi biar petani tidak terus merugi,"  katanya. (*) (Din/KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved