Home » » Kominfo Bojonegoro Targetkan Semua Desa Punya KIM

Kominfo Bojonegoro Targetkan Semua Desa Punya KIM

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 10 Oktober 2017 | Selasa, Oktober 10, 2017

Bojonegoro, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bojonegoro targetkan satu desa satu KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang tetap eksis di tahun 2018. Rencana ini disampaikan oleh Kepala Dinas KOMINFO Kusnandaka Tjatur Prasetya di ruang kerjanya saat pembukaan Diskusi Penguatan Kegiatan KIM, Selasa (10/10).

"Tujuan Pembinaan KIM kita perjelas dengan tercapainya target satu desa satu KIM. Konsolidasi KIM kita perkuat dan kita dorong untuk menginformasikan produk-produk usaha. Sehingga KIM tetap eksis dan mampu menumbuhkembangkan kelompok-kelompok usaha di desanya masing-masing," kata Kata Kusnandaka di depan peserta diskusi.

Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro membuka Diskusi Penguatan Kegiatan KIM (Foto : Didik Jatmiko)
Menurut Kusnandaka, Pembentukan KIM satu desa satu KIM akan tercapai. Ia mencontohkan adanya pembentukan KIM serempak di Kecamatan Purwosari.  Dari sejarah ini, ia bermaksud merefleksikan pembentukan KIM di wilayah kecamatan lainnya.

Diskusi ini diikuti oleh pegiat-pegiat KIM seperti KIM Sendang Potro, KIM Deru Maju. KIM Kandangan, KIM Wira Swara, KIM Tugu Pahlawan dan KIM Kusumo Jati. Hadir pula dalam diskusi Kabid Jarkom, Kasi Komunikasi, Perwakilan FKKB, dan Media Center Bojonegoro. 

Diskusi tersebut membahas tentang rencana kerja dan Strategi Pembinaan KIM di tahun 2018. Pada intinya peserta sepakat adanya pembinaan KIM di tingkat kecamatan. Pembinaan ini melibatkan lembaga kemitraan seperti FKKB, Komunitas RTIK, Blogger dan para Praktisi Pers.

Untuk mencapai tujuan agar KIM terus eksis, pembahasan dilanjutkan dengan point keberlanjutan hidup KIM, Keterlibatan KIM dalam TPID (Tim Pengelola Informasi Desa) dan Sinergi KIM dengan Media Center Bojonegoro. Dari strategi ini diharapkan KIM mampu mandiri dengan memiliki networking yang luas.

"Kami yakin, KIM Bojonegoro tetap eksis. Hal ini terlihat pada wajah-wajah percaya diri para pegiat KIM. Kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya Kabupaten dan Kota yang melirik Bojonegoro untuk belajar tentang pengelolaan KIM," Kata Djoko Suhermanto Kepala Bidang Jaringan Komunikasi KOMINFO Kabupaten Bojonegoro.  (*) (Din/KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved