Home » , » Tari Sendang Potro di Pembukaan Layanan Publik

Tari Sendang Potro di Pembukaan Layanan Publik

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 10 April 2018 | Selasa, April 10, 2018

Sedahkidul, Pegiat Budaya Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur  turut ambil bagian dalam Pameran Inovasi Layanan Publik Bojonegoro 2018 di Lapangan Desa Sedahkidul. Mereka mempersembahkan sebuah tarian kreasi baru khas Sedahkidul yang diberi nama "Tari Sendang Potro" untuk menyambut kehadiran Penjabat Bupati Bojonegoro Dr. Suprianto, S.H., M.H. bersama para undangan lainnya saat acara pembukaan Layanan Publik, Selasa (10/4).

Tari Sendang Potro (foto : Edy S)

Tari Sendang Potro merupakan kreasi asli Sedahkidul dari seorang Guru Tari dan juga istri Kepala Desa Sedahkidul Reni Mey Nina.  Tari ini dimainkan oleh lima orang dengan membawa ranting basah di tangan kanannya. Tubuh mereka meliuk liuk mengikuti irama lagu yang bernuansa magis.

"Tarian tadi kami beri nama Sendang Potro sesuai adat yang berkembang di sini. Gerakan tari menggambarkan asal mula sendang potro hingga perilaku skral yang kemudian dikeramatkan oleh warga sedahkidul, " kata Reny Mei Nina usai acara.

Pementasan Seni Tari Sendang Potro ini selaras dengan upaya Pemerintah Desa Sedahkidul  dalam mewujudkan Desa Wisata yang dilaunching (Luncurkan-red) bersamaan pembukaan Layanan Publik. Launching ini ditandai dengan Peletakan Batu Pertama pembangunan kolam renang dan penanaman bibit kelengkeng di kawasan lapangan desa sedahkidul oleh Pj Bupati Bojonegoro Dr. Suprianto, S.H., M.H. yang didampingi jajaran FORPIMDA ( Forum Pimpinan Daerah) Bojonegoro.

Menanggapi launching desa wisata, Camat Purwosari Bayudono Margajelita, S.STP. sangat mendukung acara ini. bahkan ia memberi petunjuk langsung penanaman bibit kelengkeng.


" Ini adalah proyek pertama membentuk kawasan desa wisata di kecamatan purwosari. Semoga sukses dan menjadi inspirasi untuk desa yang lain, " katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Bojonegoro Muhammad Ridwan sangat antusias menangapi program desa wista ini.

"Konsep Desa Wisata Sedahkidul sudah bagus. Selanjutnya, perkuat Kelompok Sadar Wisata dan mulailah segera. Jangan menunggu sempurna," kata M  Ridwan. * (DIN/KIMSPot)




0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved