Home » , , » Forum KIM Kabupaten Bojonegoro Berbagi Pengelolaan KIM di Mukomuko

Forum KIM Kabupaten Bojonegoro Berbagi Pengelolaan KIM di Mukomuko

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 10 Mei 2018 | Kamis, Mei 10, 2018

Mukomuko, Bengkulu - Usai melaksanakan kegiatan sarasehan dan dialog publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melanjutkan kegiatan sesi kedua dengan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Mukomuko, Rabu (09/05/2018).

Forum KIM Kabupaten Bojonegoro Berbagi Pengelolaan KIM di Mukomuko
"Untuk pelaksanaan pembinaan KIM yang dikemas dalam Pekan Kominfo 2018 ini, kami kedatangan narasumber yang sudah berkompeten di bidangnya yaitu dari Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro dan Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bojonegoro," ucap Sekdin Kominfo Mukomuko Jaduliwan,S.E.,M.M selaku Ketua Pelaksana Pekan Kominfo Mukomuko.

Acara pembinaan yang dikemas dalam dialog ini diawali dengan pemaparan materi dari Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, dilanjut dari Ketua Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bojonegoro, kemudian disambung oleh Pegiat KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari.

"Awal terbentuknya KIM Berbasis IT di Bojonegoro digulirkan pada tahun 2013 oleh Dinkominfo. Hingga saat ini telah terbentuk sebanyak 56 KIM Berbasis IT dari 419 Desa di Bojonegoro. Kami melakukannya tidak sendirian melainkan bersinergi dengan mitra profesi seperti jurnalis, blogger, jaringan informasi masyarakat dan relawan TIK," ucap Djoko Suharmanto Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro.

Ketua Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bojonegoro Sufyan Tirto dalam pemaparannya menyampaikan bahwa KIM merupakan program pemerintah yang telah direvitalisasi dan disesualikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintahan saat ini. KIM merupakan program yang mengedepankan prinsip demokratisasi. Program ini dirancang untuk dapat tumbuh dari masyarakat, untuk masyarakat dan juga dibangun secara mandiri oleh masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugasnya, KIM itu harus berlandaskan pada Peran Utama KIM yaitu Akses, Diskusi, Implementasi, Networking, Desiminasi dan Aspirasi yang istilah kerennya disingkat ADINDA," ucap pria yang juga pengelola Website Desa Pejambon.

Sementara itu Didik Jatmiko Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro dalam pemaparannya menyampaikan kisah pahit dan manis selama mengelola KIM sehingga mengantarkan KIM Sendang Potro sebagai Juara I Lomba Blog KIM Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. KIM yang kami kelola telah menggunakan domain .id yang Indonesia Banget yang bisa diakses di http://kimsendangpotro.or.id.

"Alhamdulillah apa yang kita lakukan selama ini berbuah manis, tidak hanya juara satu lomba blog kim, juara dua lomba blog KIM tingkat Provinsi Jawa Timur juga berhasil kami berikan untuk Bojonegoro," tambah laki-laki yang juga aktif ngeblog dan berkiprah di Jaringan Informasi Masyarakat Kabupaten Bojonegoro.

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Camat, Kepala Desa dan Pegiat KIM Se-Kabupaten Mukomuko. Usai tanya jawab, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. [adm/KIMSPot]

Tags : Kominfo Bojonegoro, Forum KIM Bojonegoro, Kominfo Mukomuko, KIM Mukomuko, KIM Sendang Potro, Website Desa Pejambon, Pengelolaan KIM

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved