Home » , , » Ademos Gelar Kegiatan Ngabuburit Sinau Bareng Literasi Digital

Ademos Gelar Kegiatan Ngabuburit Sinau Bareng Literasi Digital

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 01 Juni 2018 | Jumat, Juni 01, 2018

Dolokgede, Bojonegoro - Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) secara rutin menggelar kegiatan sinau bareng, baik itu sinau tentang dunia blogging, peternakan, pertanian dan sebagainya. Di bulan suci yang penuh berkah ini, kegiatan sinau bareng dikemas dalam Ngabuburit "Sinau Bareng Literasi Digital" di Panggon Sinau Bareng Ademos yang terletak di Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Kamis (31 Mei 2018).

Ademos Gelar Kegiatan Ngabuburit Sinau Bareng Literasi Digital - Foto : Iwan Siswoyo
"Selamat datang di Dolokgede," itulah kalimat pembuka yang disampaikan oleh M Kundori selaku Ketua Ademos Indonesia. Dia menambahkan bahwasanya akhir-akhir ini sering terjadi kegelisahan terhadap penyebaran konten negatif di internet. Kami berterima kasih kepada narasumber yang bersedia hadir di panggon sinau bareng ini untuk saling berbagi, belajar dan membedah tentang dunia literasi digital agar orang desa semakin melek IT.

Narasumber pertama, Donny BU mengucapkan terima kasih kepada teman-teman sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan kami bertiga. "Sekilas dalam perjalan ke sini, saya melihat situs KabarDolokgede.com sudah bagus banget. Kami justru ingin mendengarkan cerita dari teman-teman tentang pengelolaan website dan pengembangan IT yang selama ini telah dilakukan dan cerita itu akan kami bawa ke kementerian", ucap tenaga ahli bidang literasi digital kementerian kominfo RI, Donny BU.

Sementara itu, Risky Amelia selaku Wakil Ketua Gerakan Nasional Literasi Digital #SiberKreasi menyampaikan beberapa hal terkait program yang dilaksanakan kementerian Kominfo RI seperti program literasi digital khusus UMKM Go Online, selain itu juga Petani dan Nelayan yang juga memanfaatkan program literasi digital, sosialisasi mengenai UU ITE, penggunaan internet secara cerdas dan kreatif. "Dari beberapa hal itu yang mungkin bisa disinergikan di Dolokgede yaitu terkait pemberdayaan UMKM Go Online. Tadi kan disampikan bahwa ada batik yang diproduksi di Dolokgede. Nanti kita buat kegiatan dengan mendatangkan marketplace yang sudah besar dan lokal Bojonegoro untuk sharing tentang cara pengemasan produk dan bisa dijual secara online," ucapnya.

Kemkominfo tidak sendirian, kami dibantu oleh teman-teman SiberKreasi dimana di dalamnya juga ada teman-teman Relawan TIK sehingga kolaborasi semakin luas. Tidak menutup kemungkinan, setiap tahun ada Festival DesTIKa. "Nah, siapa tahu Festival DesTIKa juga bisa diselenggarakan di Dolokgede ini," imbuhnya.  

Direktur Center For Digital Society (CfDs) UGM Yogyakarta Dedi Permadi menyampaikan bahwa jika semakin banyak yang bersinergi untuk menggarap dunia internet menjadi lebih positif dan produktif kami justru sangat bangga.

Pantauan KIMSPot di lokasi, kegiatan Ngabuburit Sinau Bareng Literasi Digital ini diikuti oleh pemuda desa Dolokgede, anggota Ademos, Forum KIM Kabupaten Bojonegoro, blogger, Relawan TIK Bojonegoro, pengusaha kaos lokal Bojonegoro, pegiat Internet Marketing Nahdlatul Ulama' dan juga dihadiri oleh plt Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro Djoko Suharmanto berserta rombongan.

Acara di akhiri dengan buka puasa bersama dan penyerahan langsung bantuan komputer sebanyak 10 buah beserta instalasi internet dari Kementerian Komifo RI yang diserahkan langsung kepada Ademos Indonesia. Fasilitas komputer ini nantinya akan digunakan untuk Sinau Bareng IT bagi pegiat UMKM, Karang Taruna dan Perangkat Desa serta komunitas di sekitar Desa Dolokgede. [adm/KIMSPot]

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved