Profil KIM

 STRUKTUR ORGANISASI
KIM SENDANG POTRO DESA SEDAHKIDUL KECAMATAN PURWOSARI
KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR

Pengurus  Kelompok Informasi Masyarakat  "Sendang Potro"


Pembina                                        : M.Choirul Huda
Pendamping                                  : Didik Jatmiko
Ketua                                            : Rasidin
Sekretaris                                      : Muhammad Muslih
Bendahara                                     : Syaiful Rohman
Bidang-Bidang 

Bidang Umum dan Organisasi           : Mika Ari Widodo
Bidang Sarana dan Prasarana           : Joko Tulung Santoso
Bidang Pengumpulan Informasi         : Zaenal Arifin
Bidang Pengelolaan Informasi           : Novitasari
Bidang Penyebaran Informasi           : Selly Dwi Budiarti

 ............................................................................................................................................................
LOGO KIM SENDANG POTRO



BAGAN ORGANISASI
KIM SENDANG POTRO DESA SEDAHKIDUL KECAMATAN PURWOSARI
KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR




 VISI DAN MISI
KIM SENDANG POTRO DESA SEDAHKIDUL KECAMATAN PURWOSARI
KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR

   
VISI :
Kami yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro berkomitmen untuk menciptakan suatu kelompok informasi yang kreatif, inovatif dan mandiri dalam mencari, mengelola hingga menyampaikan informasi ke masyarakat sekitar serta masyarakat dunia.


MISI :
Misi dari Kelompok Informasi Masyarakat Sendang Potro adalah :
  1. Menjadi mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam penyampaian atau tukar menukar informasi.
  2. Mencari, mengelola serta menyebarkan informasi melalui situs internet dan media lainnya.
  3. Mengangkat semua informasi yang berkaitan dengan potensi desa Sedahkidul dan potensi Kecamatan Purwosari agar diketahui masyarakat setempat dan dunia pada umumnya.
  4. Menjadi motivasi dan  inspirasi bagi pengembangan potensi daerah sekitarnya.
  5. Menjadi saksi bukti dokumentasi dari setiap kegiatan dan pencatat sejarah desa menuju masyarakat demokrasi, adil, makmur dan sejahtera
  6. Membentuk subtansi penyebar informasi terpercaya sesuai fakta, adil dan berimbang.
  7. Membentuk wadah komunikasi yang aktif dan informatif.
  8. Menjaga privasi sumber informasi, adat istiadat, kesopanan serta etika penulisan dan penyebaran informasi.
  9. Memanfaatkan tehnologi informasi terkini secara tepat guna dan tepat sasaran dalam menjalankan tugas-tugasnya.
 ................................................................................................................................................................
Profil KIM Sendang Potro update 2017


A. Sejarah Pembentukan KIM Sendang Potro


     KIM Sendang Potro adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Kami terbentuk atas inisiati beberapa pemuda karang taruna yang gemar menulis dan bermedia sosial. Kepala Desa menyarankan untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat. Terbentuklah KIM Sendang Potro dalam sebuah musyawarah desa pada hari Rabu tanggal 14 Mei 2014. Selanjutnya, SK dari Kepala Desa untuk KIM Sendang Potro terbit tanggal 4 Juni 2014.

    Nama Sendang Potro kami gunakan mengingat di desa kami terdapat sumber air yang sudah tersohor bernama “Sendang Potro”.  Arti Sendang adalah sebuah sumber air yang menggenang seperti kolam. Sedangkan Potro artinya minyak bumi. 

Arti secara harfiah, Sendang Potro adalah penanda lokasi adanya kolam minyak bumi. Masyarakat setempat percaya bahwa di bawah Sendang Potro terdapat kandungan minyak bumi yang melimpah. Faktanya di Desa Sedahkidul terdapat dua titik bekas pengeboran minyak bumi peninggalan jaman penjajahan Belanda. Pengeboran tidak dilanjutkan karena pada masa itu Belanda mulai terdesak. 

Saat ini, sendang potro dianggap tempat bertuah yang di dalamnya mengandung warisan leluhur untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Ada manganan (sedekah bumi) yang dilakukan di hari Jum’at pon sekitar bulan Juli. Biasanya pada acara ini dipentaskan pagelaran wayang krucil. Sebuah wayang dari kayu yang bentuknya agak pipih. Namun terkadang juga ada pentas Wayang Tengul.

Petani setempat memanfaatkan Air Sendang Potro untuk menyiram tanaman jagung dan tembakau di ladangnya. Sumber air ini tak pernah habis biarpun dilanda kemarau panjang. Hal inilah yang menginspirasi kami untuk terus semangat berkarya dalam kondisi apapun. Terus berjuang memberdayakan masyarakat agar lebih sejahtera.

 
Produk KIM
Kami KIM berbasis IT yang bekerja di bidang pemberitaan. Produknya tentu saja sesuai bidang informasi, diantaranya : Weblog KIM www.kimsendangpotro.blogspot.com, Toko Online www.potroshop.blogspot.com, serta Buletin KIM Sendang Potro.


Kegiatan KIM

  1. Peliputan berita dan potensi desa
  2. Menyelenggarakan program pembentukan KIM se-Kecamatan Purwosari
  3. Mengadakan Pelatihan di bidang Tehnologi Informasi
  4. Memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah maupun sebaliknya.
  5. Menyelenggarakan Dialog Publik "Ngopi Sareng Warga" tiap 6 bulan.
  6. Kampanye dan Deklarasi Anti "Hoax"



Prestasi KIM

  1. Juara I LCCK Kabupaten Bojonegoro tahun 2014
  2. Launching 11 KIM se-Kecamatan Purwosari April 2015
  3. Pemrakarsa Blog KIM oleh Pemkab Bojonegoro tahun 2015
  4. Juara I LCCK KIM Tingkat Bakorwil Bojonegoro tahun 2016



Profil Masyarakat Tempat KIM Berada
Mayoritas masyarakat sekitar bermata pencaharian sebagai petani. Ada yang berprofesi sebagai buruh, pedagang, pengusaha ukm dan pns.

Profil Blog KIM
www.kimsendangpotro.blogspot.com
Web kami berbentuk blog berita yang mengangkat tag line “Media potensi desa kaya inspirasi”. Isinya tentang :
  1. Potensi desa sedahkidul dan sekitarnya yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  2. Suara – suara warga yang berjuang untuk kebaikan
  3. Sosialisasi kebijakan pemerintah baik desa maupun lembaga di atasnya
  4. Transparansi penggunaan anggaran belanja desa
  5. Artikel segala aspek kehidupan baik itu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya dan wisata.

Media Komunikasi lainnya
Kami selalu aktif memantau komunikasi melalui akun kami di : facebook, twitter
Buletin KIM Sendang Potro
Radio Sendang Potro Online


SEJARAH  SUKSES
KIM SENDANG POTRO DESA SEDAHKIDUL KECAMATAN PURWOSARI
KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR


  1. Pada tangga 14 Mei 2014 : KIM SENDANG POTRO berdiri sesuai Musyawarah Desa pada hari Rabu, 14 Mei 2014 di Balai Desa. Lembaga ini dikuatkan dengan SK Kepala Desa Nomor : 15/KIM/18.2007/2014 tanggal 04 Juni 2014.
  2. Pada Tanggal 3 Juni 2014 : KIM Sendang Potro mengikuti pembinaan KIM berbasis Tehnologi Informasi di Pendopo Kecamatan Gayam. Ini sebagai tanda dimulainya Lomba KIM Berbasis IT. Kegiatan ini menitik-beratkan pembuatan media blog/web untuk publikasi potensi desa secara online. KIM Sendang Potro membuat blog dengan alamat : www.kimsendangpotro.blogspot.com
  3. Tanggal 28 Juni 2014 : KIM Sendang Potro menjadi Juara Wilayah Kerja IV sehingga menjadi wakil dari Wilker IV menuju Grand Final LCCK KIM Bojonegoro berbasis IT. Pengumuman hasil lomba ini di Pendopo Kabupaten Bojonegoro. Hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Bojonegoro Suyoto.
  4. Tanggal 8 Agustus 2014 : Ketua KIM Sendang Potro menjadi Nara Sumber bersama Kepala Dinas KOMINFO Bojonegoro di acara Sosialisasi KIM Berbasis IT . Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN PPM - Universitas Gajah Mada Yogyakarta JTM-21 tahun 2014 di Pendopo Kecamatan Purwosari.
  5. Tanggal  8 – 23 Agustus 2014 : KIM Sendang Potro menjadi Panitia Peringatan HUT RI Ke-69 Seksi Dokumentasi dan Publikasi di wilayah Kecamatan Purwosari. Rangkaian acara ini meliputi acara lomba, upacara, resepsi dan penyerahan hadiah. Sehingga dibutuhkan waktu sesuai jadwal yang ditetapkan Panitia HUT RI Ke-69 Kecamatan yang diketuai Sekretaris Kecamatan Purwosari M Ridwan.
  6. Tanggal 22 Juli 2014 : KIM Sendang Potro mengikuti Rapat KIM se-Bakorwil membahas tentang LCCK Pekan KIM JATIM di Bakorwil Bojonegoro. Rapat ini diwakili masing-masing 4 KIM dari kabupaten/kota Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Mojokerto dan Kediri.
  7. Tanggal 6 Nopember 2014 : KIM Sendang Potro menjadi Juara I LCCK KIM Bojonegoro 2014.  Lomba ini merupakan Grand Final Lomba KIM Berbasis IT yang memperebutkan piala bergilir Bupati Bojonegoro. Hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Bojonegoro Suyoto.
  8. Tanggal 05 Maret – 28 Mei 2015  : Menjadi bagian KOMINFO Bojonegoro sebagai Pendamping Pembuatan Blog KIM di Pembentukan KIM dalam menyambut LCCK KIM Bojonegoro 2015.
  9. Tanggal 1 April 2015    :  Sukses memprakarsai terbentuknya  11 KIM Se-Kecamatan Purwosari. KIM Sendang Potro menjadi Panitia Program “Desa Dikenal Dunia”   dari 1-29 April 2015, hasil kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Purwosari dan PT. Pertamina EP. Semua desa di kecamatan Purwosari mempunyai KIM dan Bolg KIM. 
  10. Tanggal 20-24 April 2015    : Menjadi peserta lomba blog dan pameran dalam pekan KIM Jatim di Nganjuk, Jawa Timur. Menjadi Instruktur Pelatihan Blog dan Pemandu stand pameran. Pada Even ini, Kontingen Bojonegoro berhasil menyabet 3 kejuaraan.
  11. Tanggal 15 Oktober 2015     : Sukses membantu KOMINFO dalam meyelenggarakan Grand Final LCCK KIM Kabupaten Bojonegoro 2015 di Sedahkidul. KIM Sendang Potro sebagai Penyedia sarana dan pra sarana. 
  12. Tanggal 20 Oktober 2015    : Mendapat penghargaan sebagai Pemrakarsa Blog KIM oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro saat Peringatan hari Jadi Bojonegoro bersama 100 orang hebat lainnya. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Bojonegoro H Suyoto, M.Si di Alun-alun Kota Bojonegoro.
  13. Tanggal 27 Juli 2016         :  KIM Sendang Potro meraih Juara I Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Tingkat Bakorwil Bojonegoro tahun 2016 di halaman Gedung Bakorwil Madiun mengalahkan KIM Dewi Sri dari Kabupaten Lamongan dan KIM Caraka dari Kota Mojokerto Jawa Timur.
  14. Tanggal 3 September 2017   :  KIM Sendang Potro Sukses mengadakan Deklarasi Anti "Hoax"  (berita bohong_red) di Lapangan Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur.  Deklarasi ini didukung oleh Pemdes Sedahkidul, Kecamatan Purwosari, Dinas Kominfo Bojonegoro,  Perwakilan Kantor Berita ANTARA, JIM, RTIK dan BLOGGER Bojonegoro.

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved