Home » , , » Ada Cemburu Sosial di Pembagian KKS

Ada Cemburu Sosial di Pembagian KKS

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 14 Mei 2016 | Sabtu, Mei 14, 2016

Sedahkidul - Balai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (14/5/2016) dipadati warga. Meraka tampak berjubel mengikuti antrian penyerahan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia sejak pukul 08.00 WIB. Sebanyak 962 keluarga miskin yang berasal dari 5 desa diantaranya : Desa Sedahkidul, Punggur, Tinumpuk, Tlatah dan Purwosari.

Oleh panitia, Warga yang mengambil KKS diwajibkan membawa :
  1. Kartu panggilan
  2. Foto copy KTP, dan
  3. Foto copy KK

Semakin siang, warga yang datang semakin banyak. Antrian pengambil kartu makin sulit diatur. Sesekali panitia menyerukan agar warga tertib antrian melalui pengeras suara.

Tampak di tempat itu pengamanan oleh Supriyanto (Babinsa dari POLSEK Purwosari) dan Moh Asnawi (Satpol PP  Kecamatan Purwosari).  Selain itu, hadir pula  Novi Tustrikara (39) Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Purwosari.

Menurut Novi, Penyerahan KKS ini dilakukan langsung oleh PT. Pos Bojonegoro. KKS merupakan kartu sakti yang nantinya untuk mengambil BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) maupun program untuk keluarga miskin lainnya. Sesuai jadwal, pembagian KKS ini berlangsung sampai 13.00 WIB.

Sementara itu menurut Munawar (Kaur Kesra Sedahkidul) terdapat 5 nama penerima KKS yang ganda.

"Kalau urusan dengan BLM seperti pembagian KKS ini, warga kami banyak yang berharap. Sedahkidul ada 146 nama yang masuk. 5 nama diantaranya ganda," kata munawar.

Menurutnya, hal ini sangat disayangkan. Mengingat masih banyak warga miskin yang belum dapat, namun ada 5 nama tidak terambil. Ia berharap pemerintah segera melakukan perbaikan data agar tidak jadi polemik di masyarakat.

Soal Polemik ini juga diakui oleh Sekdes Sedahkidul Pujianto. Menurutnya data yang digunakan untuk BLM sudah tidak sesuai di lapangan. Mengingat data tersebut diambil dari Bank data terpadu dari BPS pada tahun 2011. Namun saat ini di sedahkidul sendiri sudah banyak perubahan. Ada warga miskin pada tahun itu, saat ini jadi warga kaya di sedahkidul dan masih masuk sebagai penerima BLM. Selain itu ada pula janda miskin yang tidak mendapat BLM sampai sekarang.

"Kami berharap pemerintah segera membenahi data penerima BLM. Data yang ada saat ini hanya menimbulkan cemburu sosial saja," kata Pujianto.

Bukan hanya di sedahkidul, pada hari yang sama PT. Pos Bojonegoro juga melakukan Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Wilayah Kecamatan Purwosari secara keseluruhan. Total Sebanyak 3.304 kepala keluarga miskin dari 12 desa yang mendapat pembagian KKS kali ini.

Jadwal pembagian KKS Oleh PT. Pos sebagai berikut :
  1. Desa Pojok, Kuniran Gapluk dan Donan Pembagian KKS di Balai Desa Kuniran jam 08 - 13.00 WIB
  2. Desa Tlatah, Tinumpuk, Punggur, Sedahkidul dan Purwosari di Balai Desa Sedahkidul jam 08 - 13.00 WIB
  3. Desa Ngrejeng, Pelem dan Kaliombo di balai Desa Pelem jam 08 - 13.00 WIB

(Din/KIMSpot)

 

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved