Home » , » Jelang Puasa, Gelap Jadi Terang

Jelang Puasa, Gelap Jadi Terang

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 27 Mei 2017 | Sabtu, Mei 27, 2017

Sedahkidul, Jalan-Jalan penghubung kampung di Desa Sedahkidul yang dulu gelap, kini terang benderang. Pasalnya Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Program Pemerintah Desa Sedahkidul 2017 mulai menyala, Sabtu (25/05). Warga tampak  antusias menikmati malam yang terang itu oleh lampu jalan itu. Sebagian warga keluar rumah dan bergerombol di tepi jalan desa. Ada pula sekumpulan anak-anak yang bermain sepeda.




Petang selepas waktu mahgrib, di salah satu sudut desa Sedahkidul tepatnya daerah Pencol bagian dari RT.8 masih tampak aktifitas warga. Sejumlah orang laki-laki dewasa keluar dari salah satu rumah warga dengan membawa bungkusan nasi. "Berkat"  demikianlah warga menyebutnya. Yaitu tumpeng yang dibagi kepada tetangga yang ikut kenduri. Maklum ini masanya menyambut bulan puasa. Kebanyakan Warga di sini menyambutnya dengan kirim doa untuk keluarganya yang telah meninggal dunia. Masyarakat yang tadinya akrab dengan gelap, kini tampak mulai bergairah aktifitasnya karena lampu PJU.

"Lho, lak bener usulku waktu Ngopi Sareng kae, Saiki dalane dadi terang" Kata Sungali (44) saat pulang dari kenduri.
"Iyo Kang. Waktu itu aku juga usul pembuatan lampu jalan," kata teman di sampingnya menimpali.
"Kalau terang begini saya tidak takut lagi kalau pulang tahlilan," kata Hari (42).

Seperti yang ditulis KIM Sendang Potro, Pemerintah Desa Sedahkidul menggali usulan warga melalui rembug desa yang dikemas dalam "Ngopi Sareng Warga". Usulan ini kemudian ditanggapi dalam musrenbangdes kemudian oleh desa dimunculkan dalam wujud pembangunan menurut skala prioritas. Salah satunya Lampu PJU inilah yang saat ini ramai dibicarakan.

"Lampu PJU ini memang hasil usulan warga dari Ngopi Sareng tahun lalu. Mengingat semua wilayah RT menyampaikan usul yang sama, maka Pemdes membuat PJU ini. Dananya, dari Alokasi DD tahun 2017", kata M. Choirul Huda, Kepala Desa Sedahkidul. 

Keterangan pembuatan PJU secara teknis disampaikan oleh Lukman (38), Pelaksana Proyek dari CV.AA Bojonegoro. 
"Proyek PJU Sedahkidul seluruhnya terdapat 120 titik lampu. Masing-masing titik menggunakan cor pondasi, tiang setinggi 5 meter dan lampu 40 Watt. Jarak pertitik dan panjang kabel juga sudah kami perhitungkan," kata Lukman saat meninjau pengerjaan. 

Ia berharap, pekerjaan PJU segera selesai dan lampu sudah menyala semua di bulan puasa ini. Yang utama, Warga turut menjaga keamanan agar lampu jalan tidak hilang. (DIN-KIMSpot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved