Home » , , » Sedahkidul Contek Tlogo Sewu Lewat Study Tiru

Sedahkidul Contek Tlogo Sewu Lewat Study Tiru

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 12 September 2017 | Selasa, September 12, 2017

Pasuruan, Badan Usaha Milik Desa Potro Indo Dharma Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur lakukan Observasi ke Telogo Sewu Desa Duren Sewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Selasa (12/9/2017). Bumdes ini bermaksud mencontoh Desa Duren Sewu dalam pembuatan dan pengelolaan Kolam Renang Tlogo Sewu.

Telogo Sewu (Foto : DIN)
Sekitar pukul 09.00 WIB rombongan Bumdesa sedahkidul tiba di balai desa duren sewu. Kedatangan ini langsung disambut langsung oleh Kepala Desa lengkap dengan perangkat desa dan Hansipnya. Hadir pula Sekretaris Camat Pandaan, Babin kamtibmas dan Babinsa desa setempat.

"Kami datang bersama BUMDesa Potro Indo Dharma untuk belajar tentang pembuatan dan pengelolaan Telogo Sewu, " Ujar  M Choirul Huda Kepala Desa Sedahkidul saat tiba di Balai Desa Duren sewu.

Ia juga mengutarakan bahwa Duren Sewu telah berhasil mengelola Telogo Sewu menjadi sebuah obyek wisata yang mampu mneyumbang PAD (pendapatan Asli Desa) dalam jumlah besar. Sehingga Bumdesa Potro Indo Dharma tertarik untuk mengikuti jejaknya.

Penyambutan Study BUMDesa (Foto : DIN)
"Duren Sewu dikaruniai sumber air yang melimpah. Airnya sangat jernih jadi tidak perlu  obat penjernih lagi. Kami memulai usaha ini dengan melibatkan seluruh warga sebagai penanam saham. setiap orang kami batasi pembelian sahamnya. sehingga tidak ada pemegang saham mayoritas," kata Sugeng Santoso Kepala Desa Duren Sewu.

Menurutnya, pengelolaan kolam wisata ini sangat sederhana. Dari tiket masuk Rp 15.000,- Pengunjuk dapat bersenang senang. Ada Kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Ada los yang luas untuk berkumpul bersama keluarga. Ada pula panggung hiburan, arena mainan, lapangan perkemahan dan layanan jasa pemandu "out bond". 

Kades yang juga punya rumah makan ini mengatakan kalau Telogo Sewu telah menyumbah PAD cukup besar. Modalnya pun terus bertambah untuk pengembangannya. Sedangkan dana sosialnya diberikan kepada anak sekolah  yang yatim. Ia menyebut bahwa semua anak yatim di Desa Duren Sewu mendapat santunan dan biaya sekolahnya hingga SMK ditanggung desa. 

"Semua biaya sekolah anak yatim ditanggung desa hingga SMK." katanya.

Ia juga menyarankan bahwa pembuatan kolam renang sebaiknya diawali dari kolam untuk anak-anak. mengingat pasaran untuk anak-anak lebih mudah. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved