Home » » Warga Sedahkidul Gotong Royong Bangun Masjid Desa

Warga Sedahkidul Gotong Royong Bangun Masjid Desa

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 10 Oktober 2017 | Selasa, Oktober 10, 2017

Sedahkidul, Baru-baru ini warga Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa  Timur membangun serambi Masjid dengan cara gotong royong. Pembuatan serambi masjid "Miftahul Huda" di RT. 5 ini dimulai sejak Agustus hingga September 2017 dengan hasil mencapai 50 persen. Hampir selama 2 bulan, warga bergiliran tiap 2 RT bekerja bergantian. Ada yang menyumbang material, makanan, minuman, dan tenaga. 

Masjid Miftahul Huda di RT.5 Desa Sedahkidul ini adalah pusat kegiatan pembinaan keagamaan warga setempat. Selain pada sholat jum'at dan hari raya islam, masjid ini selalu ramai untuk Taman Pendidikan Al qur'an. Setiap hari ba'da Ashar, anak-anak kecil belajar mengaji di sini Tercatat ada 2 lembaga TPA di Sedahkidul. Ketika Ba'da Maghrib, orang dewasa hingga kakek-nenek turut belajar memperdalam ilmu islam. kegiatan ini terus berjalan secara rutin. Kyai dan pengajarnya pun bekerja sukarela tanpa ada gaji.

Seiring perkembangan kemakmuran masjid, tak lagi mampu menampung jamaah. Apalagi saat Sholat di hari raya Idul fitri dan Idul Adha. Warga Sedahkidul memutuskan untuk melebarkan masjid dengan membangun serambi. 

"Tanah wakafnya sampai jalan desa, Silahkan dibangun serambinya," kata Kyai Sarwan yang merupakan Tokoh Agama terkemuka di desa setempat.

Hingga saat ini pembangunan masjid telah sampai pengecoran lantai atas serambi. Untuk kelanjutannya masih menunggu bantuan warga. 

"Pembuatan serambi saat ini berhenti dulu. Menunggu dana lagi. Bagi hamba Allah yang ingin menyumbang dana untuk pembangunan masjid ini, silahkan saja," kata salah seorang panitia kepada KIM Sendang Potro. 

Menurut Kepala Desa Sedahkidul  M. Choirul Huda, jiwa gotong royong warga desa sedah kidul masih kental. Bila ada acara kerja bhakti semua warga hadir. Apalagi untuk membangun masjid. Semua warga sangat antusias.

"Semangat gotong royong warga Sedahkidul sangat bagus. Semua pekerjaan pembangunan masjid dari awal sampai saat ini dikerjakan secara gotong royong. Semoga dalam waktu dekat pembangunan ini dapat terselesaikan," kata Huda. (*) (DIN/KIMSPot)




0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved